What’s belong to you will come to you..

Saat situasi terlalu carut marut, di mana seakan-akan semua hal nggak ada yang beres. Saat lo percaya kalo semua bakalan baik-baik aja, suddenly hal yang paling berharga yang lo punya hilang dari genggaman. Saat lo ngerasa yang lo lakuin nggak ada yang salah, tapi terasa ada yang pointing finger. Saat faith yang tertanam di diri lo untuk seseorang yang paling lo percaya, seketika terkoyak, karena lo nggak nyangka bahwa dia tega. Kebohongan demi kebaikan dan menyakiti beda tipis, saat lo dalam keadaan terjepit, saat lo bertindak tanpa logika dan tanpa perasaan.

Saat semua yang lo bangun terlihat hanya seperti sampah. Saat lo nggak bisa terima kalo lo cuma bisa diam, cuma bisa pasrah, cuma bisa nunggu, karena seluruh daya dan upaya nggak ada yang tersisa. Semua terasa jauh, nggak bisa lo gapai, karena keterbatasan yang lo nggak bisa apa-apain. Saat lo ngerasa ngadepin kekacauan itu sendiri dan lo harus pura-pura semua baik-baik aja, lo dipaksa harus berani, you have to be strong, like or dislike.

Saat lo pikir mimpi yang akan lo wujudkan dan lo perjuangkan sejak lama tinggal sejengkal lagi, all of sudden semua terlihat abstrak, nggak jelas arah tujuannya. Lo istilahnya udah jungkir balik buat fight apa yang lo pikir jalan terbaik buat hidup lo. Lo juga nggak hentinya berdoa dan berharap pertolongan-Nya untuk melancarkan setiap langkah yang lo tempuh. Lo udah mati-matian survive diantara hujatan dan cibiran, demi mempertahankan apa yang lo yakini. Lo nggak bisa nyalahin keadaan, orang lain, apalagi Tuhan. Lo cuma bisa nyalahin diri lo. Tapi lo juga nggak bisa terlalu lama meratapi penyesalan, karena lo tau semakin lo terlihat hancur semakin kenceng mereka tertawa.

Di titik itu, lo udah nggak bisa bilang “Gue give up”. Lo udah nggak bisa mundur. Lo harus fasih yang namanya nelen ludah, ngusap dada, dan tarik balik air mata. Di titik itu lo akhirnya cuman bisa bilang “Dunia memang kejam tapi semesta nggak pernah jahat, pertolongan-Nya selalu ada bahkan tanpa gue sadari.. Apa yang udah digariskan akan tetap terjadi, dengan cara apapun.. Ada hal yang memang nggak bisa dipaksakan, walau semudah apapun itu untuk diselesaikan.. Semua udah ada jalannya, masing-masing udah ada porsinya.. Karena sekusut apapun keadaan, sesakit apapun kenyataan,¬†seabsurd apapun kehidupan, sejauh apapun impian,¬†what’s belong to you will come to you..”

You just need to have faith.